Senin, 09 November 2009 11:13
KapanLagi.com -
Cari: MOBIL BEKAS & BARU
Dalam bahasa Jepang, Kizashi berarti 'Sesuatu yang hebat akan datang'. Awalnya, Kizashi ini dirancang oleh Suzuki Advanced Design Group dengan konsep mencerminkan seorang atlet yang sedang bergerak dengan dinamis. Versi concept car dari Kizashi ini pertama kali dipamerkan dalam acara Frankfurt Motor Show tahun 2007 lalu dan setelah melewati sekian kali perbaikan, versi concept ini akhirnya dirilis untuk tahun 2010 mendatang.
Mobil sedan berpintu empat ini sanggup menampung lima orang penumpang dan menggunakan sistem penggerak roda depan. Dari sisi dimensi, Kizashi ini sebenarnya tak terlalu besar. Dengan panjang 4.650mm, lebar 1.820mm dan tinggi 1.480 mm, tergolong kecil untuk mobil di kelasnya. Namun bila mengingat konsep awalnya yang ingin menggambarkan tubuh seorang atlet yang sedang bergerak, bisa jadi dimensi ini memang disengaja.
Mesin penggerak mobil ini dipercayakan pada mesin DOHC empat silinder, 16 katup dengan kapasitas ruang bakar 2.400cc. Mesin yang juga digunakan pada Grand Vitara ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 185 daya kuda pada putaran mesin 6.500rpm. Tenaga dialirkan ke roda depan setelah melewati sistem transmisi manual enam gigi percepatan dan konon mobil ini sanggup melaju hingga kecepatan 205km per jam. Sayang untuk mencapai kecepatan 100km per jam diperlukan waktu sekitar 7,2 detik.
Car and Driver mengomentari soal finishing Kizashi ini dengan menyebutnya sebagai first rate sementara dari sisi interior, situs ini menganggap Kizashi sudah berada di atas nilai rata-rata mobil sekelasnya. Dari sisi nilai ekonomis, situs ini juga menyebut angka 10km per liter sebagai angka yang cukup masuk akal mengingat kapasitas mesin yang cukup besar.
Berbeda dengan Car and Driver, Left Lane News malah lebih tertarik mengomentari soal suspensinya yang mantap sementara Consumer Guide Auto mengatakan bahwa versi produksi ini tak terlihat seagresif versi konsep ketiga yang sempat dipamerkan dalam acara New York Auto Show tahun 2008 lalu. Secara garis besar kesimpulan ini memang tak bisa disalahkan karena sepertinya Suzuki belum berani melepas desain futuristik seperti yang diusung versi konsepnya.
The Car Connection malahan dengan tegas berani merekomendasikan Suzuki Kizashi ini lantaran perbandingan antara harga jual dengan kualitas dan fitur yang diberikan sangatlah menggoda. Kalaupun ada yang dikeluhkan situs ini barangkali adalah masalah sistem transmisi manualnya yang menurut mereka kurang presisi.(kpl/roc)
Vehicle Type | : | Front-engine, front-wheel-drive, 5-passenger, 4-door sedan |
Engine | : | 2.400cc, DOHC 16-valve inline-4, aluminum block and head, port fuel injection |
Power | : | 185 bhp @ 6500 rpm |
Torque | : | 170 lb-ft @ 4000 rpm |
Transmission | : | 6-speed manual |
Length | : | 183.1 in |
Width | : | 71.7 in |
Height | : | 58.3 in |
Wheelbase | : | 106.3 in |
Curb weight | : | 3336 lb |
Top speed | : | 127 mph |
Zero to 60 mph | : | 7.2 sec |
Fuel Economy | : | 20/29 mpg |
Official Site | : | www.globalsuzuki.com |
0 komentar:
Posting Komentar